3rd Jakarta Contemporary Ceramic Biennale, 23 Sept-13 Okt 2014

OAuthException: (#10) To use 'Page Public Content Access', your use of this endpoint must be reviewed and approved by Facebook. To submit this 'Page Public Content Access' feature for review please read our documentation on reviewable features: https://developers.facebook.com/docs/apps/review.

This post is also available in: en

3rd JCCB PosterPameran keramik terbesar di Asia Tenggara akan datang sebentar lagi melalui JCCB#3 atau 3rd Jakarta Contemporary Ceramics Biennale. Acara akan berlangsung selama 23 September- 13 Oktober 2014 di Galeri Nasional Jakarta, Jalan Medan Merdeka Timur No.14. Jakarta. Tema yang dipilih kurator Asmudjo Jono Irianto dan Rifky Effendy adalah COEFFICIENT OF EXPANSION.

Pameran dua tahunan berskala internasional ini akan menampilkan karya seni keramik kontemporer seniman berbagai negara. Pameran akan dikelompokkan ke dalam tiga bagian: Art yang menampilkan karya keramik seni nonfungsi, Design yang menyajikan keramik fungsional dengan estetika tinggi (one of a kind) dari industri maupun studio individu, dan Craft/Pottery yang berisi karya keramik yang masuk ke dalam kategori “kriya” dari studio individu maupun industri.

Studio keramik adalah bagian penting dari perjalanan seni keramik. Produk mereka adalah salah satu yang pertama terpikirkan publik ketika kata keramik terpikirkan. Untuk pameran kali ini , studio individu yang terlibat adalah Clei Pottery, Jinjit Pottery, Keramiku, Keramik Puspa, Kollekan, Ruku Ruku, Jatiwangi Art Factory. Mereka akan menampilkan karya keramik fungsional dengan karakter desain masing-masing studio seperti perangkat makan, lampu gantung, figurin, jam dinding. Adapun industri yang terlibat adalah industri dengan prestasi baik di antaranya Galeri F. Widayanto, Jenggala Keramik, dan Tanteri Keramik. Yang membedakan industri dengan studio individu adalah bahwa industri memproduksi dalam jumlah yang lebih banyak karena tenaga kerjanya juga banyak. Karya-karya yang ditampilkan tidak jauh berbeda dari studio individu, yaitu karya fungsional dengan desain eksklusif, antara lain perangkat makan dan wadah bumbu. Maestro keramik F.Widayanto kali ini selain menampilkan karya fugnsional, juga akan menampilkan seri wayang dan seri terbaru yaitu kostum tradisional.

Saat ini, karya seniman sudah hampir semua terseleksi. Seniman Linda Sormin, misalnya, telah selesai berkarya di Yogyakarta. Karyanya, ‘Saribu Rajah, Siburu Barameh’ yang terinspirasi dari mitos budaya Batak, dibuat dari tanah terakota dengan sistem pembakaran tradisional yang menggunakan kayu. Sementara itu, beberapa seniman saat ini sedang melakukan residensi di beberapa tempat mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 10 September. AmornthepMahamart (Thailand) dan Kristina Rutar (Slovenia) akan berkarya di Bayat, Klaten, Jawa Tengah; Sarah Younan (Inggris) di ITB, Bandung; sementara seniman Indonesia yang akan beresidensi adalah Bonggal Hutagalung (Bandung) yang akan berkarya di Jatiwangi, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program residensi,
silahkan buka tautan ini: http://jccbindonesia.org/category/programs/residency-programs/studio/

Pada pameran nanti, pengunjung tak hanya berkesempatan menikmati karya. Ada simposium yang meliputi seminar dan artist talk yang akan diadakan setelah pembukaan pameran. Salah satu pembicara ahli yang akan tampil adalah Wendy Gers, kurator untuk Taiwan Ceramic Biennal 2014.

Setiap akhir pekan selama pameran akan diadakan pula workshop untuk publik. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan demo teknik ‘putar miring’, tradisi yang telah turun-temurun dilakukan oleh penduduk Desa Pagerjurang Bayat, Klaten. Tradisi yang sudah berumur 400 tahun ini diperkenalkan oleh Sunan Bayat. Perajinnya kaum perempuan, mereka sudah terlatih sejak kanak-kanak, sementara kaum lelakinya membantu dalam pencarian bahan dan pembakaran.

Teruslah pantau berita JCCB#3 di situs www.jccbindonesia.org dan jejaring sosial kami :
* facebook : JakartaContemporaryCeramicBiennale
* wordpress : jakartacontemporaryceramic.wordpress.com
* twitter : jccbindonesia
* instagram : jccb_indonesia

-JCCB#3-

Info: Sdra. Galuh
mail@jccbindonesia.org
+62817200290

 

I. Venue of the Exhibition

  • Location
    Galeri Nasional Indonesia (Indonesia National Gallery)
    Jl.Medan Merdeka Timur No, 14
    Jakarta 10110, INDONESIA
    T: +62-21-3483 3954, 381 3021
    www.galeri-nasional.or.id
  • Exhibition period: September 23 – 13 October 2014
  • Opening ceremony: Tuesday, September 23, 2014, 07.00 pm

II. Exhibition Program
(Schedule is subject to change, adjustments may be made closer to the ‘D’ day)

  • Symposium : Wednesday, September 24, 2014
  • Artist Talk and Workshop:
    • For Schools and Universities, Thursday and Friday, September 25-26, 2014 : Will be guided by some International Artists.
    • For the public, Saturday, September 27, 2014: Will be guided by some Local Artists.
  • Ceramic Tour: Sunday, September 28, 2014

III. Registration and Info

Author: Akar Media

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.