Epic of Mahabharata, Fashion Designer Shinta Chrisna

This post is also available in: en

IMG_5018Perancang busana Shinta Chrisna menampilkan karya terbarunya dalam acara Sanur Village Festival pada tanggal 23 Agustus 2014 untuk 15 karakter yang berasal dari cerita Mahabharata. Koreografi dan music dalam fashion show ini di buat oleh Cece dari LV C&C Model Management.

Kali ini Shinta Chrisna mencoba mendesain kebaya dgn pola Asymetris dimana beliau mengambil ide dari pakaian adat India yaitu Sari. Dalam satu karyanya tentang karakter Dewi Gangga, Shinta Chrisna merancang busana dengan warna biru, putih dan perak. Warna biru merepresentasikan Air, putih dan perak merepresentasikan kesucian. Walaupun terinpirasi dengan budaya India, Rancangan yang dibuat masih memakai material local, bahkan banyak motif asli dari Indonesia. Setiap rancangan yang dibawakan oleh 11 model wanita ini terdapat lukisan dibagian bawah yang menceritakan tentang sebuah fragment dalam cerita Mahabharata. Dalam karakter Dewi Gangga terlukiskan dewi Gangga sedang memberikan nasihat kepada Bhisma. Sebagai penutup ditampilkan busana mewakili karakter Drupadi yang sedang jatuh cinta.

IMG_5121 IMG_5266 IMG_5743Shinta Chrisna dalam pemahaman terhadap cerita Mahabharata, beliau melihat bahwa dalam setiap manusia terdapat banyak sifat keburukan yg diwakili oleh kurawa dan hanya ada 5 kebaikan yang diwakili oleh pihak Pendawa, dalam kehidupan setiap manusia terdapat pertempuran dalam jiwanya antara kebaikan dan keburukan. Dalam merancang busana kebaya, Shinta Chrisna selalu mengedepankan tentang sifat-sifat mulia wanita Indonesia.

IMG_5751Shinta Chrisna adalah seorang seniman dan perancang busana profesional, lahir pada tahun 1981. Menjahit merupakan kesenangan dan hobbynya sejak beliau masih kecil, keahlian dan motivasinya ini terinspirasi dari ibunya yang senang menjahit. Tahun 2003 merupakan momen dimana beliau secara nyata dan penuh tanggung jawab untuk bergerak dalam bidang seni dan rancang busana. Pada tahun 2008 didirikan boutique kebaya Shinta Chrisna yang menampilkan semua karya-karyanya di jalan WR Supratman no 279 Denpasar Bali.

Author: Akar Media

Share This Post On