LUKISAN KAMASAN, Metode Melukis tradisional Bali

This post is also available in: en

IMG_1627Seni Lukis Kamasan berasal dari desa kamasan yang berada di kabupaten klungkung Bali.Lukisan corak Kamasan banyak digunakan dan mengilhami berbagai lukisan tradisional Bali.

Apabila kita berkunjung ke daerah Kamasan, terdapat banyak tempat dimana kita dapat membeli lukisan kamasan bahkan dapat belajar dasar-dasar melukis Kamasan, disana kita akan dapat menjumpai seniman lukisan yang sangat terampil.

Bahan kanvas yang digunakan adalah kain kasar. Kain ini dicelup dalam bubuk bubur beras dan dijemur dibawah sinar matahari. Hal ini untuk menutup dan meratakan permukaan kain. Setelah dikeringkan permukaan digosok dengan baik untuk membuat permukaan lebih halus. Setelah itu dibuat gambar sketsa.

Langkah-langkah dalam menggambar gambar wayang terdiri dari membagi seluruh kanvas menjadi beberapa bidang untuk menempatkan setiap gambar wayang dan unsur gambar.Lukisan yang berisikan tentang cerita pewayangan ini membuat lukisan memiliki pesan cerita yang jelas sehingga membuat sangat unik dan indah.

 

kertaghosa2kertaghosa3Puri Semarapura di klungkung Dinasti yang terakhir Bali lalu. Di seni adalah ini terkenal dengan Seni Lukis Kamasan yang indah dari langit-langit pengadilan Kertagosa yang benar-benar digunakan sampai tahun 1942.

 

Desa Kamasan, kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali, Indonesia

Author: Akar Media

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.