Semangat belajar bahasa daerah! – Aksara Bali

This post is also available in: en

GURU BAHASA BALI 2-2GURU BAHASA BALI 4-4Bahasa Bali, Jati diri manusia Bali.Bahasa merupakan tanda sebuah kesadaran manusia untuk dapat megutarakan, mengungkapkan dan menyampaikan sesuatu, baik pikiran, perasaan maupun pemahaman tertentu. Bahasa terbentuk dengan proses yang panjang, dan berkembang sesuai dengan kebudayaan dan situasi setempat.

Bahasa Indonesia mempersatukan seluruh daerah nusantara dimana setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan bahasa yang cukup beraneka ragam. Pusat bahasa Depdiknas menyusun peta bahasa selama 15 tahun dan menyatakan bahwa terdapat lebih dari 746 bahasa daerah dan 17.508 pulau.

Dalam bahasa daerah kita dapat menemukan banyak kekayaan budaya setempat. Disebuah tempat terdapat sekolah SMA tepatnya di daerah tejakula, Bali, seorang guru mengatakan bahwa pendidikan bahasa bali merupakan salah satu disiplin ilmu yang memberikan banyak manfaat baik dalam melestarikan kebudayaan bali maupun dalam menyongsong masa depan. Dimana kekuatan bali adalah kebudayaannya sedangkan keindahan alam merupakan pendukung.

GURU BAHASA BALI 6-6Bahasa Bali dapat mendidik para siswa agar berbicara dengan ‘Sor Singgih Basa, yaitu bahasa yang digunakan dalam mengutarakan pemahaman dan mengungkapkan sesuatu dapat menyesuaikan dengan tempat, suasana, dan dengan siapa mereka berbicara.

 

SMA negeri 1 Tejakula Bali, Para Pendidik bekerja keras dan penuh semangat dalam mendidik siswa dan siswi mereka agar menjadi manusia yang berguna, mereka memahami Generasi sekarang yang hidup di era globalisasi dan modern sangat cepat dan luas dalam berpikir, banyak informasi yang dapat mereka dapatkan dari berbagai macam media, Banyaknya informasi dan pengetahuan ini harus didukung dengan budi pekerti, agama dan pengetahuan lainnya tanpa harus kehilangan akan jati dirinya sebagai putra daerah.

Siswa dan siswi di SMA 1 ini bersemangat dalam mengikuti materi yang disampaikan karena pendidik selalu membawakan materi dengan mengkaitkan materi tersebut dengan keadaan yang terjadi di dalam masyarakat setempat. Dan para pendidik secara aktif mengikutsertakan para siswa dan siswi dalam perlombaan tentang bahasa bali sebagai media pencurahan kreativitas dan motivasi dalam belajar dan berkarya.

GURU BAHASA BALI 8-8SMA Negeri 1 Tejakula, Bali
Kepala sekolah: Drs. I Ketut Sujarsa
Waka Kurikulum: Drs. Nyoman Tri Suda
Waka Kesiswaan: Putu Arta Yasa, S.Pd
Waka Sarana dan Prasarana : Drs. Gede Suarta
Waka Humas: Drs. Nengah Ardiasa
Pendidik Bahasa Bali: Ketut Ardika Yasa, S.Pd.B

Aksara_Bali copy2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Photographed by Tjandra Hutama Kurniawan

 

Author: Akar Media

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.