SEMINYAK DESIGN WEEK pada 18 -27 Oktober 2019 di Bali.

Setelah sukses dengan gelaran pertama Seminyak Design Week 2018 lalu, Uma Seminyak kembali menggelar Seminyak Design Week di tahun 2019 yang diadakan pada 18 -27 Oktober 2019 di Bali.

Sebagai tagline, “Design for Better Community” merupakan semangat yang melandasi pelaksanaan Seminyak Design Week, membuat program yang dapat menyatukan dunia desain, bisnis, dan kebijakan publik. Semangat ini juga datang dengan harapan setiap program dapat menghadirkan inovasi dan solusi untuk membangun bisnis, melibatkan komunitas, dan memperbaiki kehidupan komunitas. Dalam perhelatan Seminyak Design Week 2019 terdapat Pameran Desain dan Inspiring Talks sebagai program utama, lengkap dengan ragam program lain seperti Design Talks, Design Trail, Creative Workshops, Design Market, Coffee Hopping, dan Satellite Events.

EXHIBITION VIEW (PHOTO BY – ANDITO WASI).

Seminyak Design Week 2019 berkolaborasi dengan Indonesian Young Architects (IYA) untuk merespon semangat “Design for Better Community”. Dengan tema “Adaptive Re-Use: Aktivasi Ruang-Ruang Yang Tidur” yang diangkat oleh IYA bermaksud ingin menampung aspirasi komunitasnya melalui ide-ide arsitektur. Para arsitek muda mengamati morfologi kota di Pulau Bali yang dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi, kultur, dan adat. Bali terus berubah seiring bertambahnya waktu, serta semakin dipenuhi oleh berbagai macam komunitas. Tanpa disadari, yang diperlukan adalah ruang-ruang untuk menampung aspirasi komunitas di suatu ruang sosial. IYA mendapati bahwa bangunan yang ditinggalkan atau bangunan terlantar layak menjadi social space yang efektif apabila dilakukan perancangan yang tepat.

EXHIBITION VIEW (PHOTO BY – ANDITO WASI).

Seminyak Design Week 2019 menampilkan eksplorasi dan inovasi penciptaan benda oleh para designer dan artisan, untuk mencari solusi yang lebih baik terhadap lingkungan dan komunitas di sekitarnya dalam bentuk produk dan furnitur. Tahun ini, Seminyak Design Week mengajak para fresh graduate dan mahasiswa dengan potensi karya yang progresif dan kreatif untuk mengikuti pameran. Mereka memanfaatkan teknologi dalam aplikasi karya-karya, misalnya Augmented Book serta Pygmy. Benda merupakan bagian dari peradaban manusia, dan benda tersebut tidak hanya berfungsi membantu manusia, namun juga menekankan status sosial, gaya hidup, dan juga representasi pemakainya. Penciptaan benda oleh manusia saat ini sudah menggerus hubungan manusia dengan alam sehingga terjadi ketidakseimbangan ekologi. Teknik dan material baru diharapkan dapat menjadi alternatif dan solusi untuk menghadapi tantangan agar hubungan alam dengan manusia dapat kembali menjadi kebaikan. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Handhyanto Hardian, seorang product designer yang juga berperan dalam mengurasi desain produk dan furnitur yang akan dipamerkan.

EXHIBITION VIEW (PHOTO BY – ANDITO WASI).

Tahun ini dari tim Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) menampilkan “Re-Imagining Seminyak: T-Shirt Design Exhibiton”. Desain grafis diterapkan untuk segala sesuatu yang visual, mulai dari desain kemasan, sistem tanda, poster, desain informasi, dan sebagainya. T-Shirt merupakan salah satu contoh penerapan desain grafis, menurut bebrapa penelitian, selama beberapa dekade terakhir ini T-Shirt menjadi alat untuk promosi baik dari segi produk maupun layanan. T-Shirt acap kali digunakan sebagai buah tangan di setiap tujuan wisata baik dalam maupun luar negeri. ADGI dan desainer grafis di Indonesia berusaha melakukan respon dalam bentuk pernyataan, pendapat, dan gagasan tentang Seminyak sebagai salah satu tujuan terkenal di Bali melalui desain T-Shirt.

EXHIBITION VIEW (PHOTO BY – ANDITO WASI).

Dari bidang Fesyen & Tekstil bersama Myra Juliarti, Seminyak Design Week 2019 menggagas konsep fesyen berkelanjutan dan menonjolkan sisi lokalitas. “Green & Clean” serta “Fair & Ethical” menjadi konsep untuk pameran di Seminyak Design Week 2019. Industri fesyen menjadi komponen utama ekonomi global, dan melibatkan jutaan orang serta menghasilkan nilai pasar lebih dari $1 Triliun. Banyaknya material yang digunakan menimbulkan pro dan kontra terhadap dampak lingkungan dan sosial. Saat ini para perancang fesyen mulai mempunyai kesadaran atas proses pembuatan pakaian dengan metode yang lebih ramah lingkungan dan sadar sosial.

Seminyak Design Week 2019 mengusung semangat “Design for Better Community”, memberi ruang bagi para desainer muda, creativepreneur, pelaku industri kreatif yang sedang berkembang. Perbedaan festival desain lain dengan Seminyak Design Week berada pada keterlibatan komunitas. Kami menjadikan festival ini sebagai ruang pertemuan dan memunculkan potensi desainer untuk berinteraksi dengan khalayak yang lebih luas. Membangun kesadaran bersama melalui dunia desain untuk menjadikan hidup dan penghidupan yang lebih baik.

Seminyak Design Week 2019 juga memiliki program utama lainnya berupa Inspiring Talks yang berfokus pada diskusi dan percakapan terkait dunia kreatif dan industri yang melingkupinya. Sederetan nama seperti Glenn Marsalim, Windy Ariestanty, Wendi Putranto, Alek Kowalski, Aakar Abyasa, Monez, Santi Ariestyowanti dan Miko Bawono (Indiguerillas), Jonathan Gahari, Arsya, Chitra Subyakto, Yori Antar, Anugrah Aditya, Lulu Lutfi Labibi akan hadir di panggung Inspiring Talks untuk berbagi mengenai ragam topik menarik yang menjadi sorotan dalam gelaran Seminyak Design Week 2019.

Program-program utama Seminyak Design Week 2019 akan bertempat di Gallery Vivere yang ada di Jalan Dewi Sri, Legian, Bali. Rangkaian program lain yang akan tersebar di pelbagai ruang kreatif di Seminyak dan sekitarnya. Informasi mengenai rangkaian pameran dan acara Seminyak Design Week 2019 dapat dipantau melalui akun Instagram @seminyakdesignweek.

Datang dan ramaikan Seminyak Design Week 2019 pada 18-27 Oktober 2019 untuk bertemu langsung dengan para desainer serta pelaku kreatif lainnya, nikmati karya-karya luar biasa yang dipamerkan serta dapatkan inspirasi melalui acara ini.

Penyelenggara: Uma Seminyak
https://www.umaseminyak.com/
Direktur Festival: Jacob Gatot Sura
Tim Kurator : Jacob Gatot Sura, IYA, Handhyanto Hardian, Myra Juliarti, ADGI
Venue Partner : Vivere Gallery
https://kolega.co/locations_list/kolega-x-vivere/
Jl. Dewi Sri no. 18, Legian, Bali

Untuk informasi lebih lanjut, seminyakfestival@gmail.com
@seminyakdesignweek
www.seminyakdesignweek.com

Author: Akar Media

Share This Post On