Saudara dalam seni tari Bali. Sanggar Oka’s Denpasar dalam PKB 2015

IMG_2907Pementasan tari oleh sanggar Oka’s Denpasardi kalangan Angsoka pada ajang PKB 2015, I Gusti Agung Ayu Oka Partini SSt MSi, pembina sanggar Oka’s mempersembahkan tari bali yang dibawakan oleh saudara saudara pencinta seni bali yang berasal Luar Negara Asing,di tanggal 28 Juni 2015.

Menampilkan para penari dari jepang, mexico, cekoslowakia, italy, canada dan seniman tari bali. Yang di iringi oleh sekehe gong Gita Bhuwana dari banjar Bhuwana sari. Perjalanan Ibu Partini dalam berkesenian cukup panjang dimulai dari menari untuk menyambut tamu tamu negara, hingga akhirnya mulai mengajarkan tari bali kepada orang asing pada tahun 1976. Saat ini banyak murid-murid beliau yang di Jepang mulai memiliki sanggar tari bali, sedangkan yang di Cekoslowakia juga memiliki sanggar dan Yayasan Kintari.
IMG_2979

Pementasan kali ini menampilkan tari Panyembrahma, tari Legong Keraton, Tari Oleg Tamulilingan, Tari TerunaJaya dan tari Wiranatha, Pada kesempatan kali ini Ibu Partini bersama sama muridnya menarikan tari bali Wiranatha.Para Penari yang berasal dari Jepang seperti Kaoru san, beliau sdh belajar menari bali lebih dari 20 tahun dan akan tetap belajar tari bali untuk mencapai sebuah kesempurnaan.

IMG_3042Penari lainnya Yukimi Yamada dan Tomoe Koyano menarikan tari terunajaya dengan sangat baik, mereka mencintai tari bali dari dalam hatinya, dimana salah satu pesan dari Tomoe Koyano agar bersama sama menjaga seni budaya bali. Penari Oleg tamulilingan Taeko Murase, pertama kali melihat tari bali saat dipentaskan di Kyoto, saat itu langsung jatuh cinta pada seni tari bali, sekarang sudah 13 tahun lamanya belajar tari bali dan akan mulai belajar memainkan gamelan.

 

Author: Akar Media

Share This Post On