Suku adat Sasak, Pulau Lombok

Dalam buku Negara Kertagama di sebutkan asal kata Sasak yang dihubungkan dengan pulau Lombok. Tertulis Lombok Sasak Mirah Adhi, dimana arti kata ‘sa-saq’ adalah ‘satu atau kenyataan’ dan Lombok yang artinya ‘lurus atau jujur’ sehingga bisa diartikan sebagai sesuatu yang jujur atau lurus. Sedangkan Mirah artinya ‘Permata’ dan Adhi artinya ‘yang utama atau baik’. Maka arti kata Lombok Mirah Sasak Adi berarti kejujuran adalah permata kenyataan yang utama.

Pakaian Budaya Lombok juga memiliki keunikan sendiri, pakaian adat sasak biasanya digunakan pada saat upacara keagamaan ataupun hari yang khusus. Pakaian adat sasak untuk perempuan disebut ‘Lambung’, yaitu baju hitam tanpa lengan dengan kerah berbentuk ‘V’ dengan sedikit hiasan dibagian pinggir baju. Bahan kain ini disebut kain pelung. Terdapat juga kain tenun yang masih digunakan dengan cara tradisional. Dimana semua prosesnya masih menggunakan bahan bahan yang alami.

Adat perkawinan suku sasak sangat unik, dimana perempuan yang akan dinikahkan harus dilarikan secara diam diam oleh pihak laki. Perempuan tersebut dibawa kerumah keluarga laki, setelah itu pihak laki mendatangi rumah keluarga perempuan untuk menyampaikan niat dan pesan utk menikah. Adat ini disebut dengan ‘merarik’ atau pelarian.

Di pulau Lombok masih terdapat beberapa desa yang memilih kehidupan dalam tatanan peninggalan budaya asli, terlihat di beberapa desa penduduknya tinggal dirumah asli yang dibangun menggunakan bahan bambu yang banyak tumbuh didaerah sekitar mereka. Atap rumah masih menggunakan jerami atau ijuk. Untuk dinding mereka menggunakan anyaman bambu, sedangkan untuk tiang mereka masih menggunakan bambu batangan dan kayu.

Ada hal yang unik dalam pembuatan rumah suku adat sasak ini yaitu menggunakan kotoran kerbau utk lantainya. Mereka mempercayai bahwa penggunaan bahan ini dapat mengusir nyamuk yang alami. Lumbung padi atau tempat menyimpan beras berbentuk sangat unik sehingga digunakan sebagai symbol dan identitas pulau lombok.

Supported by GEC Rinjani Country Club Golf Course & Resort

Access Token not set. You can generate Access Tokens for your Page or Profile on fb.srizon.com. After generating the access token, insert it on the backend

Author: Akar Media

Share This Post On