Pohon Mahoni

mahogani1“Pohon Mahoni” merupakan tanaman yang dapat mencapai ketinggian 5-40 meter dengan diameter mencapai 120 cm, batangnya lurus dan berbentuk silindris, memiliki akar tunggang, batang bulat, banyak cabang, daunnya majemuk menyirip genap dan berbentuk bulat telur. Tanaman Mahoni (Swietenia Mahagony Jacq) berasal dari keluarga Meliaceae, dapat tumbuh dimana saja, dan pertumbuhannya cukup cepat. Pohon yang asalnya dari Hindia Barat ini dapat tumbuh subur didaerah payau dan pinggir pantai.

 

Pohon Mahoni dapat mengurangi polusi udara berkisar 47%-69%. Daunnya dapat menyerap polutan-polutan udara dan juga menghasilkan banyak Oksigen (O2). Sehingga pohon ini banyak disebut sebagai pohon pelindung dan filter udara.

IMG_0089Sifat pohon mahoni yang dapat tumbuh ditanah yang gersang menyebabkan banyak ditanam di pinggir jalan, selain untuk peneduh dari cuaca yang panas, dapat juga sebagai filter udara dan penghasil oksigen sehingga membuat udara terasa segar.

Selain sifatnya sebagai peneduh dan penyejuk udara, hampir semua bagian dari pohon ini dapat digunakan untuk keperluan yang lainnya. Kayunya yang kuat selalu digunakan utk membuat perabotan rumah tangga dan ukiran, daunnya dapat dijadikan makanan ternak sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai obat-obatan. Buah mahoni memiliki dua zat dominan yaitu Flavonoid dan Saponin. Flavonoid sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah, sedangkan Saponin berguna untuk mengurangi lemak badan dan memperkuat daya tahan tubuh.

Dalam Pengobatan Cina, pohon ini memiliki sifat pahit, dingin, anti jamur, dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Biasanya biji mahoni ini dikeringkan dan digiling halus sampai menjadi serbuk.

IMG_0053Umur pohon ini tahunan dan tidak mudah terkena hama ataupun penyakit, struktur kayu yang kuat dan tumbuh lurus keatas sehingga pohon Mahoni ini cocok sebagai peneduh di jalan, banyak sekali ruas jalan di daerah jawa, bali dan lombok menggunakan pohon ini.

Selain untuk peneduh di jalan, pohon ini memiliki ekonomis yang tinggi terutama adalah kayunya, dimana memiliki struktur yang kuat serta motif dan warna yang indah. Untuk digunakan kayunya pohon ini memerlukan waktu puluhan tahun agar dapat digunakan. Sehingga banyak dibudidayakan dilahan lahan kritis ataupun hutan milik negara, dimana sistem dan mekanismenya harus terprogram dengan baik agar tetap terjaga kelestarian hutan maupun kegunaan bagi warga setempat. Pada masa pertumbuhan sebenarnya ada beberapa produk yang dapat dihasilkan dari pohon mahoni ini seperti daun dan buahnya.

Di lombok, daerah kaki gunung Rinjani terdapat beberapa hutan mahoni dimana salah satu luasnya mencapai 800 Ha. Terdapat beberapa dusun disana dimana penduduknya juga turut menjaga kelestarian dari hutan tersebut. Desa tersebut adalah desa Air Berik (air besar) di lombok tengah. Untuk mencapai lokasi tersebut menempuh 1 jam lamanya perjalanan dari kota mataram, dan ditempat tersebut juga ada beberpa air terjun yaitu air terjun Benang Stokel dan Benang kelambu.

Access Token not set. You can generate Access Tokens for your Page or Profile on fb.srizon.com. After generating the access token, insert it on the backend

Author: Akar Media

Share This Post On