Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma di Bali

IMG_9977Diawali oleh keprihatinan dan panggilan, dan karena topeng di Indonesia tidak lagi diperhatikan, sehingga seni topeng yang ada di Indonesia terancam punah kecuali di Bali. Topeng didaerah Bali dapat lestari karena disamping untuk seni pertunjukan dan ritual dan tidak terkontaminasi oleh politik. Didalam filosofi topeng dan wayang ada narasi, sosiologi (hubungan antara manusia dengan lingkungannya, manusia dan alam), budi pekerti yang diwujudkan dalam bahasa dan gerak (cara bicara dan sikap terhadap org lain yang sangat santun pengungkapannya), di Indonesia bahan dasar kayu yang digunakan sangat spesial disesuaikan karakter topeng. Sehingga topeng topeng di Indonesia ini terasa sangat hidup, setiap penari topeng berkeyakinan bahwa menari adalah bagian dari ibadah dan merupakan pendakian menuju kesempurnaan.

IMG_0198

IMG_0025Rumah Topeng dan wayang Setiadarma didirikan tahun 2006, yang memiliki koleksi topeng lebih dari 1300 topeng dan wayang sekitar 5700 buah. Dimana koleksi koleksi berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara lain seperti Jepang, China, Thailand, Myanmar, Cambodia, India, Laos, Srilangka, Korea dan italy. Terdapat fasilitas seperti ruang konperensi, taman tropis, ruang pameran dan terdapat panggung terbuka. Sejumlah kegiatan budaya sering diadakan ditempat ini, baik pameran ataupun seni pementasan.

Visi dari rumah topeng ini diantaranya adalah memberi inspirasi kepada publik untuk belajar tentang kebudayaan yang dapat berguna untuk kehidupan saat ini dan masa depan.

Pimpinan rumah topeng dan wayang stiadarma. Bapak Prayitno

Pimpinan rumah topeng dan wayang stiadarma. Bapak Prayitno

Adapun misinya adalah melestarikan bentuk seni topeng dan wayang yang berasal dari wilayah nusantara dan negara asing. Menyebarkan pengetahuan dan informasi yang berhubungan dengan sni topeng dan wayang kepada publik. Mempromosikan, memelihara dan mengembangkan seni topeng dan wayang. Memberikan ruang untuk hiburan dan rekreasi.

Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma
Alamat / Kubu Bingin Cultural Village
Jl. Tegal Bingin, Banjar Tengkulak Tengah, Kemenuh Village, Sukawati, Gianyar, Bali

IMG_0279Phone +62.361.977404 / +62.817.6022234
Email:setiadarmaBali@yahoo.co.id

Web site : http://www.setiadarma.org

 

Author: Akar Media

Share This Post On