Kolaborasi Tari Barong dengan Take Kagura dari Jepang

This post is also available in: en

Hayachine Take Kagura, warisan budaya tak berwujud (UNESCO ) dari Jepang, akan berkolaborasi dengan Tari Barong

Topeng Take Kagura

Topeng Take Kagura

Hayachine Take Kagura (selanjutnya disebut Take Kagura) akan datang ke Indonesia untuk mengadakan pertunjukan di Indonesia. Tahap pertama diselenggarakan di Bali dengan mengadakan lokakarya dan pertunjukan. Tahap kedua diselenggarakan di Yogyakarta. Mereka akan mengadakan pertunjukan sebagai bagian dari program Minggu Jepang 2015 di Yogyakarta.  Take Kagura merupakan serangkaian tari topeng yang disertai dengan drum, gembereng dan suling: enam tari ritual akan mengawali pertunjukan; lima tari menceritakan para dewa dan sejarah abad pertengahan Jepang, dan tari terakhir seorang seniman yang berpakaian shishi menggambarkan mahluk mirip singa yang mewakili Dewa Hayachine. Pada abad ke-14 dan ke-15, penduduk di daerah Iwate Pulau Honshu di daerah Jepang Utara, memuja Gunung Hyachine, yang mereka anggap sebagai dewa. Dari pemujaan ini, tradisi seni pertunjukan telah diwariskan dari generasi ke generasi dan sejak tahun 2009, Take Kagura telah didaftarkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tidak berwujud. (Sumber: UNESCO).Take Kagura telah diundang untuk mengadakan pertunjukan ke seluruh daerah di Jepang. Mereka aktif mengadakan pertunjukan di daerah Sanriku yang telah diporak-porandakan oleh tsunami atau aktif dalam acara-acara untuk mendukung program rekonstruksi pasca gempa bumi tahun 2011.

Mereka juga mengadakan pertunjukan ke luar negeri. Sejak tahun 1990, mereka telah berhasil menarik banyak penonton di Kanada, dua kali di Eropa, Amerika Serikat, Rusia, Korea dan India. Take Kagura, salah salah satu seni pertunjukan rakyat yang paling representatif dan populer di Jepang, akan mengadakan pertunjukan di Indonesia yang merupakan gudangnya seni tradisional dan seniman seni pertunjukan rakyat.

Setiap tahun, tepatnya pada tanggal 17 Desember, pertunjukan Take Kagura didedikasikan sebagai acara akhir tahun di tempat suci Hayachine di Desa Take yang terletak di kaki Gunung Hayachine. (video dari “Produk Asahi, Perpustakaan Aset Budaya Tidak Berwujud “)

Ini merupakan kesempatan berharga untuk menyaksikan secara langsung pertunjukan Take Kagura.

Tahap Pertama di Denpasar, Bali
Tempat: Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI)
Hari dan Tanggal:

Senin, 31 Agustus 2015
Program: Lokakarya(Program Praktik Singkat Hayachine Take Kagura, Penjelasan, Pose-pose Dasar, dll.)

Selasa, 1 September 2015
Program: Kolaborasi Pertunjukan Hayachine Take Kagura dan Tari Barong

Tahap Kedua di Yogyakarta, Jawa Tengah
Tempat: Balai Utama @ Universitas Gajah Mada, MINGGU JEPANG 2015
Hari dan Tanggal:  Senin, 3 & 4 September 2015
Program: Pertunjukan Hayachine Take Kagura

Web: http://www.jogjajapanweek.com/

Waktu akan diumumkan kemudian.

Yogyakarta

Yogyakarta

Informasi lebih lanjut – http://takekagura.wix.com/takekagura-indonesia atau Facebook – http://www.facebook.com/takekagura-indonesia

Author: Akar Media

Share This Post On